5 Novel Terbaik di Indonesia Sepanjang Masa (Ternyata Bukan Novel Dilan)

Bangsa Indonesia telah banyak melahirkan penulis handal dengan karya-karyanya yang menakjubkan. Berbagai kategori novel, baik fiksi maupun non-fiksi, sudah diterbitkan hingga ratusan eksemplar buku dengan rating yang tinggi dari para pembacanya.
Bukan Dilan Gaess Novel terbaik

Mimin tau, kalian pasti balas baca kan ? Jangan khawatir kalian bisa nonton saja video nya, klik link di bawah :

Novel Indonesia terbaik, karya para sastrawan ini memiliki jalan cerita yang apik disertai dengan pesan moral bagi para pembacanya. 
Bahkan beberapa diantaranya mampu menarik perhatian masyarakat luas dan seingkali diangkat ke layar lebar, sehinnga meningkatkan persentase minat baca terhadap novel. Berikut 5 novel terbaik sepanjang masa Indonesia versi Profesor dot com.

1. BUMI MANUSIA OLEH PRAMOEDYA ANANTA NOER rating 4.4

Novel Bumi Manusia
Novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer berada pada urutan pertama. Novel ini merupakan buku pertama dari Tetralogi Buru dan pertama kali terbit pada tahun 1980 oleh Hasta Mitra. Roman Tetralogi Buru mengambil latar belakang dan cikal bakal Indonesia di awal abad ke-20. Novel bergenre sejarah ini berlatarkan akhir abad ke 19 di Blora. 
Novel Bumi Manusia
Menceritakan tentang Minke, seorang pribumi yang terpelajar, gigih, dan berani untuk mengejar apa yang diimpikannya. Ia bersekolah di H.B.S. Surabaya di tengah-tengah orang Eropa yang sering mengejeknya karena ia seorang pribumi. 

Bergaul dengan orang Eropa membuatnya mengagungkan budaya Eropa, sehingga melupakan budayanya sendiri. Hal tersebut lalu membuatnya ingin mencari jati dirinya.

2. ANAK SEMUA BANGSA OLEH PRAMOEDYA ANANTA NOER 4.4

Novel Anak Semua Bangsa
Lanjutan dari Bumi Manusia, novel Anak Semua Bangsa masih bercerita tentang Minke tapi lebih menceritakan tentang kondisi negara Indonesia di tahun 1898-1918. Semasa penjajahan Hindia Belanda, rakyat Indonesia mengalami penderitaan. Mereka ditindas, diteror, dan dipaksa untuk memberikan tanahnya kepada bangsa Belanda.
Novel Anak Semua Bangsa
Penderitaan rakyat semakin lengkap dengan sewenang-wenangnya para pejabat, baik Eropa maupun pribumi. Mereka merampas apa yang mereka mau dari rakyat. Selain merampas kemerdekaan, mereka juga merampas tanah, harta, benda, dan bahkan anak serta istri pun dapat mereka rampas. 

Anak Semua Bangsa merupakan periode observasi Minke untuk mencari spirit lapangan dan kehidupan arus bawah pribumi yang tak berdaya melawan kekuasaan dan kekuatan Eropa.

3. LASKAR PELANGI OLEH ANDREA HIRATA 4.2

Penulis Novel Laskar Pelangi
Berlatarkan pedesaan di dekat pantai di Belitung, novel Laskar Pelangi menceritakan tentang sebelas anak dari keluarga miskin yang bersekolah di SD Muhammadiyah Belitung. Kondisi yang miskin dan serba kekurangan tidak membuat semangat mereka untuk meraih hidup yang lebih baik surut.
Laskar Pelangi
Justru hal tersebut memotivasi mereka untuk terus bersekolah, meski sekolah mereka hampir ditutup karena kekurangan murid. Kesetiakawanan, kegigihan, dan pantang menyerah yang digambarkan tokoh anak-anak di dalam novel ini menjadi pesan moral yang sangat baik untuk diajarkan kepada anak-anak kita.

Meski keadaan susah, kita harus berusaha keras untuk bisa bertahan dan mendapatkan hidup yang lebih baik.

4. RONGGENG DUKUH PARUK OLEH AHMAD TOHARI 4.2

Novel Ronggeng Dukuh Paruk
Dukuh Paruk merupakan sebuah desa kecil yang terpencil dan miskin. Meski begitu, warga di sana memiliki sebuah warisan kesenian ronggeng yang menjadi kebanggaan dan selalu menghidupkan gairah mereka. Suatu ketika, terjadi musibah keracunan tempe bongkrek yang menewaskan belasan penduduk di sana, hingga lenyaplah gairah hidup masyarakatnya.
Novel Ronggeng Dukuh Paruk
Semangat hidup mereka muncul lagi saat seorang gadis muda bernama Srintil memperlihatkan bakatnya dalam menari ronggeng. 

Kelihaiannya itu kemudian diakui oleh semua warga Dukuh Paruk dan membuatnya jadi gadis milik orang banyak. Hal tersebut membuatnya harus berpisah dengan sang kekasih dan memberikan luka mendalam di hatinya.

5. 5 CM OLEH DONNY DHIRGANTORO 3.8

5 CM
Menjadi buku terlaris di Gramedia Bookstore selama dua tahun berturut-turut, novel 5 Cm tentunya harus masuk dalam daftar novel Indonesia terbaik yang wajib dibaca. Novel yang ditulis oleh Donny Dhirgantoro ini menceritakan tentang kehidupan lima sahabat yang telah berteman selama tujuh tahun.
5 CM
Mereka telah mencoba berbagai hal, seperti mengunjungi kafe paling terkenal di Jakarta sampai menonton layar tancap. Sampai suatu hari, mereka melakukan sebuah perjalanan yang mengisi hidup mereka dengan keyakinan, mimpi, cita-cita, dan cinta.


Nah, itulah tadi 5 novel favorit sepanjang masa di Indonesia. Coba komen dibawah mana novel favorit kamu. Oh iya, jangan lupa LIKE, COMMENT, dan SUBSCRIBE yan sobat PROF….

Check Our Youtube : 


Post a Comment

1 Comments