5 Olahraga Favorit di Jepang


Jepang sudah tidak asing lagi dengan olahraga. Bahkan beberapa olahraga tradisional hingga modern masuk pada ajang internasional. Dan berikut Profesor DotCOm merangkum 5 olahraga favorit di Jepang.
olahraga favorit di Jepang
1. Baseball
Baseball merupakan olahraga paling favorit di Jepang. Acara yang paling ditunggu-tunggu ketika musim panas tiba apalagi kalau bukan kejuaraan Baseball.

Olahraga baseball diperkenalkan pada tahun 1872 dan membutuhkan waktu sekitar 64 tahun untuk memulai liga profesioanal pada tahun 1936.
Baseball
Terdapat perbedaan antara Baseball di Jepang dan Amerika. Dimana bola baseball di jepang relatif kecil dibandingkan dengan baseball di Amerika.
baseball di Jepang
Begitu pun dengan strike zone yang lebih kecil. Pertandingan baseball dibatasi 12 babak dan playoff game dibatasi 15 babak. Tak tanggung” saking populernya, pemain dari Amerika pun biasa didatangkan demi memenangkan sebuah club tertentu.

2. Sepak Bola
Popularitas Bola di Jepang dimulai ketika Jepang berhasil memenangkan medali Perunggu pada Olimpiade di Meksiko pada tahun 1968.
Sepak bola di Jepang
Saat ini terdapat 18 klub profesional di Jepang. Dan diantaranya sudah melahirkan bintang sepak bola di Jepang yaitu Kazuyoshi Miura, Shunsuke Nakamura, Makoto Hasebe dan Keisuke Honda. Julukan untuk tim sepak bola putra di Jepang yaitu Samurai Biru.
Sepak Bola di Jepang
Sementara itu,tim sepak bola putri juga tak kalah menarik perhatian setelah memenangkan FIFA Women’s World Cup Final tahun 2011 yang mengalahkan tim sepak bola dari Amerika.

3. Tenis
Olahraga tenis ada sejak tahun 1878 ketika 5 lapangan dibangun di Taman Yamate Yokohama untuk digunakan oleh orang asing. Ditahun yang sama George A. Leland diundang untuk memperkenalkan sebuah olahraga ala Western ke Jepang dan keputusannya dianggap berpengaruh hingga olahraga tenis dikenal meluas oleh masyarakat Jepang.
Tenis
Dan pada tahun 1920, jepang memenangkan medali olimpiade pertama pada Olimpiade Antwerp 1920 yang berhasil diraih oleh Ichiya Kumagai. Sehingga olahraga tenis telah menjadi budaya dan menjadi salah satu olahraga favorit di Jepang.

4. Sumo
Sumo sering dianggap sebagai olahraga nasional di Jepang. Olahraga ini sudah ada sejak zaman dahulu dan timbul dari ritual Shinto dari gulat manusia dengan dewa, turnamen sumo profesional dimulai pada 1684 di Kuil Tomioka Hachiman-gu di Tokyo.
Olahraga sumo di Jepang
Cara memenangkan pertandingan sumo adalah dengan mendorong lawan hingga keluar dari ring atau menjatuhkan lawan ke tanah, tentunya apabila menjatuhkan sabuk pegulat maka akan didiskualifikasi.
Olahraga sumo di Jepang
Tiap tahunnya ada 6 turnamen sumo di berbagai daerah yang masing-masing berdurasi 15 hari.

5. Golf
golf adalah impor dari Barat setelah Restorasi Meiji (1868-1912). Seorang ekspatriat Inggris bernama Arthur Hesketh Groom telah tinggal di Kobe selama 33 tahun, dan lelah karena tidak dapat memainkan olahraga yang dicintainya. Jadi, ia dan teman-temannya membuat arena golf di Gunung Rokko.
Golf
Saat ini, golf tidak dibatasi oleh usia, kelas atau jenis kelamin. Pegolf Jepang modern yang paling populer semua cukup muda, termasuk Ryo Ishikawa, yang menjadi terkenal pada usia 15 tahun, serta Hideki Matsuyama dan pegolf putri peringkat satu Ai Miyazato.
Golf
Selain banyak lapangan golf di negara ini, Anda juga akan menemukan jalur mengemudi ramah lingkungan di mana pun Anda pergi di negara ini.

Itulah tadi 5 olahraga favorit di Jepang, coba coment di bawah kira-kira olahraga favorit kamu apa Sobat Prof ?

Post a Comment

0 Comments