5 Tempat Wisata terbaik di Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi yang terletak di Pulau Sulawesi. Berbagai Keindahan alam dan budaya sangat terkenal di daerah ini. Dan berikut Profesor DotCom merangkum 5 tempat wisata terbaik di Sulawesi Selatan.

1. Pantai Losari
pantai losari

Nah, temen-temen tempat terkenal di kota Makassar apa lagi kalo bukan Pantai Losari. Rasanya belum Afdhol ke Makassar kalo tidak pergi di Pantai Losari yang menjadi ikon kota Makassar Sulawesi Selatan ini temen-temen.



Yang unik nih temen-temen Pantai Losari merupakan pantai tanpa pasir. Jadi, jangan heran kalau kamu kesana tapi tidak melihat pasir yah hehe. Ini karena sepanjang pantai telah dibangun tanggul atau penahan ganasnya ombak selat Makassar. Sehingga kita tidak bisa bermain pasir namun dapat menikmati indahnya sunset loh temen-temen. Sunset di Pantai Losari memang terkenal indah dan dapat menyejukkan hati. Eaaaa


Sunset di Pantai Losari
Selain itu, yang unik dari pantai losari adalah adanya mesjid terapung yang bernama mesjid Amirul Mukminin. Mesjid ini dibangun diatas laut dan ditahan oleh tiang pancang. Saat air laut sedang pasang maka kita akan melihat mesjid ini seolah-olah sedang terapung. Kamu harus menyempatkan Shalat di mesjid ini dan setelah itu bisa menikmati pemandangan yang sangat indah dari lantai 3 mesjid ini.
mesjid terapung pantai losari
Disepanjang pantai ini kamu akan dimanjakan dengan berbagai kesenian khas yang dijadikan patung dan tulisan-tulisan dari 4 etnis yang berbeda. Jika kamu beruntung, biasanya di malam-malam tertentu diadakan pesta kesenian atau malam hiburan yang akan menambah keseruan liburan kamu.
Pantai losari
Eits,, jangan khawatir jika kamu cape dan lapar setelah berjalan-jalan maka ada makanan khas yang akan memanjakan lidah kamu yakni Pisang Epe dan berbagai makanan khas Makassar lainnya yang penjualnya tidak jauh dari pantai sehingga kamu bisa menikmati makanannya sambil menikmati angin laut temen-temen..
Pisang epe makassar

2. Malino
Malino
Terletak sekitar 90 KM dari pusat kota Makassar, terdapat resor pegunungan yang sejuk di Malino. Butuh waktu 3,5 jam untuk sampai kesana. Namun, jangan heran sesampainya disana kamu akan takjub dengan pemandangan yang indah. Terletak 1.050 meter di atas permukaan laut, suhu 10-26 derajat Celcius dengan angin sepoi-sepoi dan sejuk.
pohon pinus malino

Tedapat Hutan Pinus yang indah, Air terjun Seribu Tangga dan Air Terjun Takapala, Perkebunan Teh, lembah Biru dan juga bunker Jepang Perang Dunia II. Sangat cocok bagi Anda yang suka fotografi. Apalagi biaya tiket yang bisa dibilang relatif murah. Tak lebih dari 50.000 rupiah.
Air terjun di Malino
Selain tempat yang keren, Makanan khas yang akan menggoyang lidah juga banyak disana. Jagung Bakar Arang yang enak, teh hijau khas Malino, Sirup Marquisa, Dodol Ketan dan keju ketan Maleng yang merupakan beberapa produk lokal yang populer yang bisa dicoba disana ataupun dibawa pulang.
Dodol Malino

3. Bulukumba
bulukumba

Salah satu daerah di Sulawesi selatan juga yaitu Kabupaten Bulukumba yang terkenal dengan pulau dan pantai yang indah-indah. Objek wisata yang memesona hingga kamu wajib mengunjungi daerah ini jika kamu bekunjung ke Sulawesi Selatan.

Bulukumba
Yang paling terkenal adalah pantai bira. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih dan laut jernih lagi memesona. Objek wisata ini sangat jarang sepi pengunjung baik lokal maupun mancanegara. Pantai yang terletak di kecamatan Bontobahari ini biasa digunakan pengunjung untuk melakukan aktivitas snorkeling dan diving untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya...
Pantai Bira
Pantai Apparallang dengan keindahan luar biasa yang juga terletak di kecamatan Bontobahari. Pantai ini memiliki karakter dengan tebing-tebing karang yang memiliki view sangat indah. Biasanya pengunjung mengatakan tempat ini mirip dengan raja ampat di Papua. Pantai yang berada di balik tebing bebatuan dan di atas tebing Anda akan melihat keindahan yang memamerkan birunya laut dan kerang serta bebatuan dinding yang menjulang tinggi. Kegiatan favorit yang dilakukan wisatawan saat berkunjung dipantai ini adalah Cliff Jumping.
Pantai Apparallang
Dan tentunya masih banyak pulau dan pantai lain yang sayang jika dilewatkan ketika berkunjung di Kabupaten Bulukumba ini yah teman-teman.

4. Tana Toraja
Tana Toraa
Tana Toraja adalah salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan. Daerah ini cukup jauh dari Kota Makassar, membutuhkan sekitar 7-8 Jam Perjalanan ke tempat ini. Wah jauh juga yah...

Kenapa Tana Toraja sangat terkenal ? karena keindahan alam dan keunikan budaya yang dimiliki. Tradisi dan kebudayaan yang masih lestari membuat banyak masyarakat penasaran dan ingin berkunjung di kabupaten Tana Toraja Sulawesi Selatan ini.
Tana Toraja
Daerah Pallawwa menawarkan keindahan rumah adat tongkonan yang sangat menarik karena dikelilingi oleh berbagai tanduk kerbau yang ditancap di rumah tersebut.

Pallawa Tana Toraja
Selanjutnya ada daerah Kete Kesu bisa menjadi tempat yang harus dikunjungi jika ke tana toraja. Tempat ini merupakan tempat yang adat dan kehidupan tana toraja bisa ditemukan. Anda bisa melihat berbagai bangunan kuno, kuburan yang berusia hingga 500 tahun. 

Kamu juga akan menemui tulang belulang yang terdapat dikuburan batu. Selain kuburan kaum bangsawan toraja yang bisa kamu lihat, di tempat ini juga kamu bisa melihat kuburan yang berada di tebing..
Kete Kesu
Wah, jika orang dewasa dikuburkan di goa atau batu maka lain halnya dengan bayi. Wisata ini memperlihatkan kamu sebuah pohon yang merupakan tempat kuburan bayi.
Baby Grave Tana Toraja
Dan masih banyak tempat menarik yang bisa kamu kunjungi di tana toraja.

5. Taman Nasional Bantimurung
Bantimurung
Taman Nasional Bantimurung terletak sekitar 40 Km dari Kota Makassar dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk sampai di Tempat wisata ini yang berada di Kabupaten Maros. 

Taman Nasional Bantimurung menyimpan banyak sekali keseruan karena keindahan alam, penangkaran kupu-kupu dan berbagai spot foto yang keren.
Air Terjun Bantimurung
Wisata air terjun bantimurung yang jarang sekali sepi pengunjung karena keindahan air terjun yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Sambil menikmati air terjun biasanya pengunjung langsung saja merasakan pijatan air terjun yang sejuk dan jernih ini alias bermandi-mandi di bawah air terjun ini. 
Air Terjun Bantimurung
Di sekitar lokasi air terjun terdapat banyak sekali tempat yang bisa kamu kunjungi diantaranya tangga seribu yang ketika kamu melewatinya kamu akan mendapatkan pengalaman baru dimana disisi kanan kamu akan dimanjakan dengan pemandangan air terjun dan disisi kiri kamu akan melihat tekstur yang terbentuk oleh alam di dinding gunung. 

Selain itu, ada Goa Mimpi dan Goa Batu yang akan menambah wawasan kebudayaan kamu lewat tracking dipandu oleh guide yah. Yang menarik adalah penangkaran kupu-kupu yang memiliki sekitar 300 jenis kupu-kupu yang di awetkan. Disini kamu akan belajar ekosistem kupu-kupu. 
Penangkaran Kupu-kupu
Nah, yang trend akhir-akhir ini adalah jembatan gantung atau terkenal dengan Helena Sky Bridge. Tempat ini menjadi tempat yang harus kamu kunjungi untuk mengabadikan foto ketika berada di Taman Wisata Bantimurung. Jangan lupa upload di sosial media kamu yah... hehehe
Jembatan Gantung di Bantimurung
Itulah 5 tempat wisata terbaik versi profesor dotcom.. Kira-kira mana favorit kamu ?

Post a Comment

0 Comments