Ternyata ini alasan mengapa kita harus belajar IPA

Assalamu Alaikum Wr. Wb

Sebelum kita lanjut, kita mesti tahu dulu nih istilah-istilah penting yang ada pada materi nanti, yaitu : pengamatan, pengukuran.

Penyelidikan IPA

Hai teman-teman.. tau gak sebenarnya apa sih yang dikerjakan ilmuwan itu ? Ternyata Ilmuwan atau Scientist itu mempelajari apa yang terjadi di sekitar kita. Mereka melakukan pengamatan dengan sangat cermat dan hati-hati. 

Bukan karena Ilmuwan itu kepo yah temen-temen pengen tahu segala hal. Hehe. Tepatnya adalah mereka melakukan pekerjaan untuk peradaban manusia yang lebih baik lagi. 

Dengan cara melakukan pengamatan mereka dapat menjelaskan apa dan bagaimana peristiwa itu terjadi dan bahkan mereka bisa memprediksi sesuatu yang terjadi saat ini maupun yang akan datang. 

Wah, hebat yah.... Hasil-hasil yang didapatkan pun sangat membantu kehidupan manusia sekarang ini. Seperti : komputer, televisi, pupuk, smartphone yang anda gunakan saat ini dan masih banyak lagi.


Nah, sekarang kita akan mengetahui bagaimana melakukan pengamatan, serta mempelajari pengukuran sebagai bagian dari pengamatan. 

Jangan dianggap remeh loh temen-temen, siapa tahu ini jadi cikal bakal temen-temen bisa jadi ilmuwan juga yang dapat menciptakan temuan yang dapat membantu kesejahteraan manusia dan akan menjadi sejarah yang akan dikenang sepanjang masa.. wahh...


Baik temen-temen sekarang jika kamu sedang bersama seseorang coba deh perhatiin dia selama beberapa menit. Kemudian setelah itu, tuliskan apa yang kamu ingat dari pengamatan kamu tadi berdasarkan apa yang kamu lihat yah.. bukan berdasarkan khayalan hehehe... Misalnyakan catatan temen-temen gini:  tinggi, rambut, hitam, kulit cokelat dan agak halus, memiliki denyut, bernapas, dan lain-lain. 

Dengan hasil pengamatan ini, berbagai pertanyaan lanjutan akan muncul. Pertanyaan-pertanyaan tersebut, misalnya jika dia berlari-lari, apakah cara bernapasnya tetap? Apakah denyutnya juga berubah? 

Nah, temen-temen dengan melakukan penyelidikan lanjutan akan memperoleh pemahaman yang makin lengkap tentang orang yang kamu amati tadi. Sebenarnya, dengan cara seperti inilah IPA akan berkembang.


Ini dia 3 proses yang harus dikuasai untuk melakukan penyelidikan ilmiah IPA.

1. Pengamatan

Gambar 1. Seorang anak sedang melakukan pengamatan

Coba perhatikan gambar diatas. Kita melihat seorang anak sedang melakukan pengamatan terhadap kupu-kupu. Pasti ketika ditanya, anak tersebut menggunakan apa dalam pengamatannya ?? yap... benar sekali. 

Temen-temen pasti menjawab mengunakan mata. Yahh benar sekali temen-temen. Mata merupakan salah satu panca indera. Jadi, disini pengamatan melibatkan panca indera, termasuk melakukan pengukuran dengan alat ukur yang tepat. 

Nah, temen-temen mesti tahu bahwa tujuan pengamatan adalah untuk melakukan pengumpulan data dan informasi. Jadi, kumpulkan data temen-temen sebanyak mungkin yang bisa dilihat berdasarkan hasil pengamatan temen-temen.


2. Membuat Inferensi

Gambar 2. Seorang anak sedang membuat inferensi

Kita perhatikan gambar 2. Seorang anak sedang berpikir tentang hasil pengamatan yang telah dilakukannya. Nah, pada tahap membuat inferensi ini, kita merumuskan penjelasan berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan. 

Nah, penjelasan ini digunakan untuk menemukan pola-pola atau hubungan-hubungan antar aspek yang diamati. Disini juga kita bisa membuat prediksi.


3. Mengomunikasikan

Gambar 3. Dua orang anak sedan berdiskusi.

Nah, setelah kita melakukan pengamatan kemudian kita juga telah membuat inferensi maka tahap selanjutnya adalah kita diharapkan mampu mengomunikasikan hasil pengamatan kita. 

Baik melalui tulisan maupun secara langsung dengan teman sejawat atau dengan guru di sekolah. Kita bisa mengomunikasikan hasil pengamatan kita dalam bentuk tabel, grafik, bagan ataupun gambar-gambar yang relevan.

Kemampuan kita dalam mengamati lalu menghubungkannya secara sistematis seperti yang telah dilakukan di atas sangatlah penting. 

Karena kita dapat mengumpulkan fakta, kemudian fakta tersebut dihubungkan untuk dibentuk suatu kesimpulan. Tentu ini merupakan ilmu yang penting bahkan tidak hanya digunakan dalam penelitian tetapi juga dapat di gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Ini dia 4 manfaat belajar IPA

1. Memahami berbagai hal disekitar kita

Gambar 4. Dua orang anak sedang mengamati hal disekitar mereka

Dengan mempelajari IPA, manfaat pertama yang temen-temen dapatkan adalah kita bisa memahami berbagai hal disekitar kita. Seperti pada gambar di atas ketika dua orang anak sedang mengamati hal disekitar mereka. 

Contoh lain adalah kita bisa mengamati hal di sekitar kita dan memahaminya sehingga ilmu kita akan semakin bertambah.


2. Menyelesaikan masalah

Gambar 5. Seorang anak sedang menyelesaikan teka-teki

Manfaat kedua yaitu kita bisa menyelesaikan masalah dari hal yang kita amati di seitar kita. Dengan hal tersebut kita bisa menemukan solusi sehingga permasalahan-permasalahan yang terjadi di sekitar kita bisa dikurangi. 

Seperti polusi udara. Dengan menciptakan kendaraan yang dapat mengurangi polusi itu dapat mengurangi masalah yang ada.


3. Meningkatkan kualitas hidup

Gambar 6. Seseorang sedang memegang bibit yang akan ditanam

Dengan mempelajari IPA, kita juga bisa meningkatkan kualitas hidup. Menanam bibit tanaman atau kita biasa menyebutnya green day dapat meningkatkan kualitas hidup kita. 

Dengan banyak pepohonan di bumi kita ini akan sangat membantu kita dan tahukah Anda bahwa pohon dapat memperpanjang umur bumi kita. 

Tapi, kita bisa lihat sekarang ini bahwa banyak sekali penebangan pohon secara liar yang menyebabkan banyak terjadi bencana seperti banjir, longsor, dll. 

Maka dari itu temen-temen tetap menjaga lingkungan kita yah agar kita bisa terbebas dari bencana yang dapat mengganggu aktivitas kita.


4. Berpikir logis dan sistematis

Gambar 6. Seseorang sedang melakukan eksperimen

Dengan mempelajari IPA dapat melatih kita berpikir logis dan sistematis. Seperti pada gambar 6. Kita melihat seseorang sedang melakukan eksperimen. 

Ketika kita melakukan eksperimen kita akan menemukan data. Nah, dari data tersebut kita bisa berpikir logis dari data tersebut apa yang terjadi dan bagaimana kesimpulannya.

Tahukah temen-temen bahwa semua yang dipelajari dalam objek IPA meliputi seluruh benda dialam dengan segala interaksinya untuk dipelajari pola-pola keteraturannya. 

Para ilmuwan kita telah banyak melakukan pengamatan mulai dari objek kecil seperti : bakteri, virus, bahkan partikel-partikel penyusun atom. Selain itu, objek yang diamati juga dalam berukuran besar, misalnya lautan, bumi, matahari, hingga jagat raya ini.

Perlu diketahui bahwa pada saat ini, penyelidikan tentang alam telah mengahasilkan kumpulan pengetahuan yang demikian kompleks. Maka dari itu, untuk memudahkan kita mengetahui pengetahuan tersebut maka digolongkan sebagai berikut.

1.   Fisika
Fisika adalah ilmu yang mempelajari tentang aspek mendasar alam, misalnya materi, energi, gaya, gerak, panas, cahaya, dan berbagai gejala alam fisik lainnya.


2.   Kimia
Kimia meliputi penyelidikan tentang penyusunan dan perubahan zat .


3.   Biologi
Biologi mempelajari tentang sistem kehidupan mulai dari ukuran renik sampai dengan ukuran lingkungan yang sangat luas.


4.   Ilmu Bumi dan Antariksa
Mempelajari asal muasal bumi, perkembangan dan keadaan saat ini, bintang-bintang, planet-planet, dan berbagai benda langit lainnya.


Sekian dulu yah temen-temen tentang penyelidikan IPA sampai bertemu di postingan selanjutnya.. tetap semangat dan terus belajar yah...



Wassalamu Alaikum Wr. Wb

Post a Comment

0 Comments